Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HEADLINEKEPULAUAN RIAU

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Bandara Hang Nadim Batam Tambah Rute Internasional

×

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Bandara Hang Nadim Batam Tambah Rute Internasional

Sebarkan artikel ini
Kepala BP Batam dan juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah. (Foto : Ist)

BATAM — Pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam, PT Bandara Internasional Batam (PT BIB), telah menambah rute penerbangan internasional dengan meluncurkan penerbangan langsung antara Batam dan Kuala Lumpur. Selain itu, PT BIB berencana untuk menambah rute internasional lainnya, termasuk penerbangan langsung ke Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyambut baik rencana tersebut dan menyatakan bahwa penambahan rute penerbangan internasional ini akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Batam. Ia melihat langkah ini sebagai strategis untuk mempromosikan kemajuan Batam ke dunia internasional.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

Rudi menekankan bahwa penambahan rute penerbangan ini juga akan mendukung sektor pariwisata Batam. Wisatawan mancanegara yang datang diharapkan dapat memberikan keuntungan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang pada gilirannya akan membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

“Langkah positif ini sekaligus untuk mendukung sektor pariwisata Batam. Wisatawan mancanegara yang datang ke sini akan memberikan keuntungan untuk UMKM, sehingga mampu membangkitkan ekonomi masyarakat,” kata Rudi, Sabtu (17/2/2024).

Menurut Rudi, upaya ini membuka peluang besar untuk meningkatkan peluang bisnis dan menarik investor. Pemerintah pusat menargetkan Batam sebagai salah satu daerah unggulan investasi di Indonesia, dan pengembangan Batam dianggap tidak terpisahkan dari pesatnya investasi.

“Pengembangan Batam tak dapat dipisahkan dengan pesatnya investasi. Ini menjadi momentum untuk mempromosikan keunggulan Batam,” tambah Rudi.

Rencananya, penerbangan langsung dari Batam ke Thailand dan Vietnam dijadwalkan akan dibuka pada bulan April dan Juni 2024. Sementara itu, penerbangan dari Korea Selatan ke Batam dengan menggunakan maskapai Jeju Air direncanakan akan dimulai pada bulan Juli 2024. Proses persiapan, termasuk perjanjian bilateral dengan pihak Korea Selatan, sudah dalam tahap pelaksanaan.

Perjanjian ini bertujuan untuk membahas penambahan hak angkut (traffic right) antara kedua negara di Batam. Rudi yakin bahwa dengan segala potensi yang dimiliki Batam, sektor pariwisata akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

“Dengan seluruh potensi Batam, saya yakin sektor pariwisata kita akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung,” tutup Rudi. ***

(Red)