Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HEADLINEKEPULAUAN RIAU

Batik Air Malaysia Buka Rute Baru di Bandara Hang Nadim Batam, Cek Jadwal dan Harga Tiketnya Disini

×

Batik Air Malaysia Buka Rute Baru di Bandara Hang Nadim Batam, Cek Jadwal dan Harga Tiketnya Disini

Sebarkan artikel ini
Kepala BP Batam dan juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto bersama Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, saat peluncuran penerbangan perdana Batik Air Malaysia. (Foto : Ist)

BATAM — Batik Air Malaysia secara resmi membuka penerbangan perdana di Bandara Internasional Hang Nadim, dengan rute Batam – Kuala Lumpur dan sebaliknya. Peluncuran rute baru ini dilakukan dalam Inagurasi Ceremonial di Bandara Internasional Hang Nadim pada Sabtu (17/2/2024).

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyambut baik beroperasinya pesawat Batik Air Malaysia ini sebagai langkah untuk memudahkan akses transportasi antara Kota Batam dan Malaysia. Ia menganggap bahwa penerbangan komersial ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Batam.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

“Jadi tugas saya sebagai Kepala BP Batam dan Walikota Batam, bagaimana mengembangkan investasi melalui sektor pariwisata untuk membangun ekonomi Kota Batam. Sektor pariwisata ini akan hidup apabila ada kunjungan kesini,” ujar Rudi.

Sebagai Kepala BP Batam dan Wali Kota Batam, Rudi menjelaskan bahwa fokus mereka adalah mengembangkan investasi melalui sektor pariwisata untuk memajukan ekonomi Kota Batam. Upaya ini termasuk mempersiapkan fasilitas yang mendukung sektor pariwisata, seperti Bandara Internasional Hang Nadim.

Rudi menyampaikan bahwa dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Batam, terutama dari Malaysia, diharapkan akan terjadi peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur, termasuk Bandara Internasional Hang Nadim, diharapkan memberikan kesan yang nyaman dan aman bagi para wisatawan.

Pembukaan rute baru ke Malaysia ini adalah langkah strategis yang diharapkan dapat membuka lebih banyak penerbangan internasional ke Kota Batam. Rudi menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Batam akan terus berlanjut, dan bersama Forkopimda Kota Batam, mereka berupaya mengadopsi pembangunan dari daerah tujuan pariwisata lainnya.

“Mudah-mudahan suatu waktu nanti, tidak hanya dari Malaysia dan Korea. Tapi juga ada penerbangan dari Thailand dan negara lain. Artinya akan banyak penerbangan luar kesini, itu yang kita harapkan nanti,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah, menegaskan bahwa pembukaan rute baru ke Kuala Lumpur merupakan langkah kedua setelah sebelumnya dibuka rute ke Kunming, China. Pembukaan rute internasional ini diharapkan dapat menghubungkan Kota Batam dengan seluruh dunia.

“Semua terhubung dengan pembukaan ini. Kalau kemarin hanya menghubungkan antara Kota Batam dan Kunming saja. Tapi ini menghubungkan ke seluruh dunia,” kata Pikri.

Pikri Ilham Kurniansyah juga menyoroti komitmen PT BIB dalam mematuhi arahan dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, untuk terus membuka penerbangan rute internasional. Harapannya, setiap bulan akan ada satu pembukaan penerbangan rute internasional di Bandara Internasional Hang Nadim.

Rute ke Kuala Lumpur ini akan dilayani tiga hari seminggu, yaitu pada Senin, Rabu, dan Sabtu untuk penerbangan dari Batam ke Kuala Lumpur, dan Selasa, Jumat, dan Minggu untuk penerbangan dari Kuala Lumpur ke Batam. Jumlah penerbangan ini akan dievaluasi seiring dengan peningkatan animo masyarakat. Peluncuran ini merupakan tahap awal penjajakan pasar, dan diharapkan akan terus meningkat.

“Tahap pertama ini tiga kali seminggu karena penjajakan pasar. Kita melihat animo masyarakat seperti apa, nanti akan meningkat setiap hari dan akan meningkat terus,” ujar Pikri.

Dalam penerbangan perdana ini, terdapat 162 penumpang yang berangkat dari Batam menuju Kuala Lumpur, dan 114 penumpang yang tiba di Kota Batam dari Kuala Lumpur. Terdapat berbagai promo tiket yang ditawarkan oleh Batik Air Malaysia untuk merayakan peluncuran ini. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi mereka di https://www.malindoair.com/id/. ***

(Red)