HEADLINEKEPULAUAN RIAU

Ansar Ahmad Ajak ASN Terapkan Nilai-Nilai Dasar ASN BerAKHLAK

×

Ansar Ahmad Ajak ASN Terapkan Nilai-Nilai Dasar ASN BerAKHLAK

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya untuk menerapkan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Gubernur Ansar Ahmad juga menekankan pentingnya Core Values BerAKHLAK sebagai titik tonggak penguatan ASN, baik di pusat maupun daerah. Menurutnya, Core Values BerAKHLAK adalah strategi yang diperlukan, agar bibit BerAKHLAK dapat berkembang dengan subur pada diri ASN.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Core Values BerAKHLAK jangan hanya disosialisasikan tetapi diinternalisasikan dalam aktivitas sehari-hari. Sosialisasi itu hanya sampai level pengetahuan atau knowledge, sementara internalisasi menempatkan BerAKHLAK sebagai nilai dan keyakinan di hati ASN,” kata Gubernur Ansar, saat menghadiri secara Webinar “Ngopi Time” Series #10 BerAkhlak Series : Harmonis, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kepri secara daring, Rabu, 23 Agustus 2023.

BACA JUGA :   Ditandai Penandatanganan Prasasti, Gubernur Kepri Resmikan Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAI-MU)

Ansar juga mengapresiasi Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” yang dicanangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai wujud nyata dari strategi penguatan budaya kerja lewat transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government).

“ASN harus bangga melayani bangsa dengan profesionalisme dan integritas. ASN harus menjadi agen perubahan yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan masyarakat,” ujar Ansar.

Kepada ASN, Gubernur Ansar juga mengingatkan untuk menjaga netralitas menjelang tahun politik 2024.

BACA JUGA :   Asintel Kejati Kepri Paparkan Penyuluhan Hukum Anti Korupsi di Rakor Pendidikan Disdik Kepri

Ansar juga meminta dan berpesan kepada ASN untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat merusak citra dan kredibilitas ASN sebagai abdi negara.

“ASN harus loyal kepada negara dan pemerintah yang sah. ASN harus menjauhi segala bentuk kegiatan politik praktis yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. ASN harus menghindari konflik kepentingan dan menjaga harmonisasi antara sesama ASN maupun dengan masyarakat,” pesan Ansar.

Turut hadir dalam acara ini Kepala BPSDM Provinsi Kepri, Any Lindawaty, Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Provinsi Kepri, Naharuddin, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Febriadinata, serta Kepala BKD dan Korpri Provinsi Kepri, Yeny Trisia Isabella, sebagai narasumber.

BACA JUGA :   Dilantik Gubernur Ansar, Roby Kurniawan Sah Jadi Bupati Bintan Definitif Gantikan Apri Sujadi

Adapun tema yang dibahas dalam ‘Ngopi Time’ kali ini diantaranya, Harmonisasi Netralitas ASN Menuju Tahun Politik, Pengawasan Netralitas ASN di Provinsi Kepulauan Riau, dan Tempat Kerja Kondusif, Kinerja Meningkat.

Acara webinar ini berlangsung selama 2 (dua) jam dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara narasumber dan peserta.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ‘Ngopi Time’ Series #10 BerAkhlak Series yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Kepri sejak bulan Juli 2023.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja ASN di Provinsi Kepri melalui pembelajaran berkelanjutan. ***

(Ron)