Scroll untuk baca artikel
DAERAHHEADLINEPOLITIKPROFIL

Ini Profil Hanafi Ekra, Caleg DPRD Kepri Dapil Bintan Lingga

×

Ini Profil Hanafi Ekra, Caleg DPRD Kepri Dapil Bintan Lingga

Sebarkan artikel ini
Calon Anggota DPRD Provinsi Kepri, Hanafi Ekra. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Hanafi Ekra, seorang putra asli Dabo Singkep, saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Provinsi Kepri) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mewakili dapil Bintan Lingga.

Dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi dan menjadi bagian dari Komisi 4 DPRD Provinsi Kepri. Hanafi menegaskan bahwa keadilan bukan hanya harus diperjuangkan, tetapi juga harus dijaga. Dengan demikian, tujuannya sebagai wakil rakyat adalah untuk mengawal keadilan dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Riau, sebuah motto yang diyakininya.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

Hanafi Ekra lahir di Dabo Singkep pada tanggal 23 April 1967 dan tinggal di Kampung Pasir Kuning, Kabupaten Lingga. Dia tinggal di Kampong Melayu Keke, Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

BACA JUGA :   Taba Iskandar : Penguatan Toleransi Sebagai Basis Kebhinekaan

Menurut Hanafi, tujuan menjadi wakil rakyat tidak hanya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Kepri, tetapi juga untuk berbakti kepada orang tuanya dan menjadi individu yang memberi manfaat bagi orang lain.

Orang tua Hanafi adalah Atan Mekah (Keton, Daik) dan Chatijah (Bakong, Dabo Singkep). Pada tahun 1994, Hanafi menikah dengan Zaleha Binti Fadilah Tamjid (Kijang) dan memiliki sembilan orang anak.

Sebelum menjadi anggota DPRD Kepri, Hanafi adalah seorang guru dan dosen. Dia menjadi guru dari tahun 1986 hingga 2000 dan dosen di STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang dari tahun 2000 hingga 2010. Hanafi juga telah menjadi anggota DPRD Provinsi Kepri sejak tahun 2006.

BACA JUGA :   5 Berkas Tersangka Korupsi di DPRD Natuna Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Tanjung Pinang, Ini Nama-Nama Tersangkanya

Selain sebagai anggota DPRD Kepri, Hanafi dikenal sebagai seorang Ustadz yang aktif memberikan ceramah, menjadi Khatib di masjid-masjid, dan mengisi pengajian serta majelis taklim di pulau-pulau sekitar. Pendidikan agama menjadi latar belakang pendidikannya.

Riwayat pendidikan Hanafi dimulai dari SD Negeri 04 Dabo Singkep, SMP Negeri 01 Dabo Singkep, SPG Negeri Kota Tanjungpinang, S1 Fakultas Tarbiyah IAIN SUSQA Pekan Baru, dan S2 Program Pascasarjana Universitas Sunan Giri Surabaya.

Hanafi Ekra juga aktif dalam berbagai organisasi, seperti Pramuka, di mana dia sering mendapatkan penghargaan. Riwayat organisasinya mencakup posisi sebagai Andalan Pramuka Kwarda Kepri, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kepri, Ketua MPW Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kepri, Ketua Pembina Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Provinsi Kepri, dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri sejak 2020 hingga sekarang.

BACA JUGA :   Terkait Alokasi APBD Kepri 2023 di Kabupaten dan Kota, Raja Bakhtiar: Tidak Ada Anak Tiri dan Anak Kandung

Hanafi Ekra telah dianugerahi Lencana Pancawarsa IV Kwarda Pramuka Provinsi Kepri dan Lencana Karya Bhakti Kwarda Pramuka Provinsi Kepri.

Saat ini, Hanafi Ekra S.Ag MPd mencalonkan diri kembali sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapil Bintan Lingga untuk periode 2024-2029. ***

(MU)

Share and Enjoy !

Shares
Shares