KEPULAUAN RIAURELIGI

Dibuka Bupati Bintan, MTQH Ke XIII Bintan 2024 Lombakan 20 Cabang Perlombaan

×

Dibuka Bupati Bintan, MTQH Ke XIII Bintan 2024 Lombakan 20 Cabang Perlombaan

Sebarkan artikel ini
Acara pembukaan MTQH Ke XIII tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 meriah. (Foto : Ist)

BINTAN — Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Ke XIII tingkat Kabupaten Bintan telah resmi dibuka oleh Bupati Bintan, Roby Kurniawan, pada Senin (22/4/2024) malam, di Arena Utama Lapangan Relief Antam Kijang. Pembukaan Acara MTQH Ke XIII tingkat Kabupaten Bintan tahun 2024 tersebut didampingi Wakil Bupati Bintan, serta jajaran FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan disambut dengan antusiasme yang tinggi dari ratusan masyarakat yang turut hadir.

Astaka Utama yang dipadukan dengan nuansa Islami namun dikemas secara modern menjadi latar belakang yang mempesona. Kehadiran ratusan masyarakat semakin menambah semaraknya suasana acara pembukaan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

MTQH Ke XIII Bintan diikuti oleh sepuluh Kafilah yang mewakili setiap Kecamatan di Kabupaten Bintan. Perlombaan ini akan berlangsung hingga tanggal 26 April mendatang, dengan total 20 cabang perlombaan yang terbagi menjadi kategori Putra dan Putri.

Dalam sambutannya, Bupati Roby menyatakan bahwa MTQH seperti biasanya akan menjadi ajang untuk menemukan Putra dan Putri terbaik Bintan dalam bidang Al Qur’an dan Hadits. Namun, ia juga menekankan bahwa ada makna yang lebih besar dari sekedar meraih gelar juara.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk kesuksesan MTQH ini. Kepada para peserta, tunjukkan yang terbaik dari diri kalian. Apapun hasilnya, kalian semua adalah Putra dan Putri kebanggaan Bintan,” ungkap Bupati sebelum secara resmi membuka MTQH Ke XIII tahun 2024 ini dengan memukul tambur.

BACA JUGA :   Kerja Sama Bank Bukopin, Bupati Bintan Launching Kartu Solar Subsidi Bintan

Bupati Roby juga menyampaikan harapannya bahwa melalui ajang ini, rasa persatuan dan kesatuan akan semakin diperkuat. Ia berharap bahwa melalui event rutin tahunan ini, nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits dapat diimplementasikan oleh seluruh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh pemenang dalam setiap kategori akan mendapatkan pembekalan melalui Training Centre selama satu pekan. Hal ini sebagai persiapan bagi mereka yang akan mewakili Kabupaten Bintan dalam MTQH tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Kota Batam yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Mei mendatang.

BACA JUGA :   Dengan Penuh Semangat dan Bangga, Bupati Bintan Temu Wicara Bersama 828 Ketua RT/RW se-Kabupaten Bintan

Berikut ini 20 Cabang Lomba MTQH Ke XIII tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024:

  1. Tarti Al Qur’an (Anak-anak)
  2. Tilawah Al Qur’an (Anak-anak)
  3. Tilawah Al Qur’an (Remaja)
  4. Tilawah Al Qur’an (Dewasa)
  5. Tilawah Qiraat-Mujawwad (Dewasa)
  6. Tilawah Qiraat-Murottal (Dewasa)
  7. Tilawah Qiraat-Murottal (Remaja)
  8. Hifzh Al Qur’an 1 Juz & Tilawah
  9. Hifzh Al Qur’an 5 Juz & Tilawah
  10. Hifzh Al Qur’an 10 Juz
  11. Hifhz Al Qur’an 20 Juz
  12. Hizfh Al Qur’an 30 Juz
  13. Khat Al Qur’an (Hiasan Mushaf)
  14. Khat Al Qur’an (Naskah)
  15. Khat Al Qur’an (Dekorasi)
  16. Khat Al Qur’an (Komtemporer)
  17. Fahmil Al Qur’an
  18. Syarhil Al Qur’an
  19. Musabaqoh Karya Tulis Ilmiyah Al Qur’an
  20. Lasqi ***

(Rhiz)