Scroll untuk baca artikel
HEADLINE

Indeks Kota Toleran, Bekasi Peringkkat Kedua Setelah Singkawang

×

Indeks Kota Toleran, Bekasi Peringkkat Kedua Setelah Singkawang

Sebarkan artikel ini
Bekasi Kota Paling Toleran kedua setelah Singkawang versi Setara Institute, Selasa 30 Januari 2024
Bekasi Kota Paling Toleran kedua setelah Singkawang versi Setara Institute, Selasa 30 Januari 2024

JAKARTA – Setara Institute kembali merilis Indeks Kota Toleran 2023. Acara ke enam kalinya di Hotel Grand Sahid, Kuningan Jakarta menempatkan Kota Bekasi urutan kedua dalam mempromosikan praktik toleransi terbaik di Kota se-Indonesia, Selasa 30 Januari 2024.

Ini merupakan hasil pengukuran yang dilakukan oleh Setara Institute dalam mempromosikan praktik toleransi terbaik di Kota se-Indonesia.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

Diketahui bahwa SETARA menggunakan empat variabel dengan delapan indikator untuk menilai 94 kota di Indonesia. Variabel itu terdiri dari regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi agama.

Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Nesan Sujana, Asisten Pemerintahan Lintong Diantro Putra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Robert, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Abdul Manan hadir dalam satu ruangan di Ballrom Singosari Hotel Grand Sahid Jakarta.

BACA JUGA :   Hujan Deras, Halte Sultan Kota Bekasi yang Baru Dibangun Bocor

Kota Bekasi yang terus menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat bergama ialah sebagai bentuk nyata bahwa Kota Bekasi nyaman dan tenang dalam nilai norma agama yang terus menjunjung tinggi nilai Toleransi. Seperti diketahui, Kota Bekasi terus meraih Indeks Kota Toleran dari setiap tahunnya.

Di pimpin nya Kota Bekasi oleh Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad kali ini Kota Bekasi mendapatkan peringkat kedua dari 10 Kota se-Indonesia yang meraih Indeks Kota Toleran tahun 2023 dengan Skor 6,460.

“Allhamdulillah kita sangat sekali berbangga bahwa Kota Bekasi tak hentinya meraih Indeks Kota Toleran dari setiap tahunnya, dan sekarang ini kita mendapatkan Peringkat kedua dari 10 kota se-Indonesia.” Ucap Gani.

BACA JUGA :   HUT ke-105 Damkar, Pj. Wali Kota Bekasi Lepas Kontingen Damkarmat ke Surabaya

Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad langsung menerima penghargaan dari Setara Institute yang menyerahkan yakni Mayjen TNI Roedy Widodo selaku deputi bidang pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi.

Gani menyampaikan sangat mengapresiasi tinggi atas peraihan penghargaan ini, Kota Bekasi ini ialah tidak memandang suku, ras dan agama tetapi Kota Bekasi tetap melakukan hal yang tidak membeda-bedakan bahwa Kota Bekasi tetap memegang teguh unsur Kebhinekaan Tunggal Ika.

“Ucapan terimakasih kepada Kesbangpol, FKUB maupun unsur elemen masyarakat yang sudah mampu bersama-sama meningkatkan Kota Bekasi sebagai kota yang menjunjung tinggi nilai toleransi, semoga peringkat yang diraih saat ini akan terus menjadi kebanggan bagi seluruh masyarakat Kota Bekasi.” Tutup Gani.

BACA JUGA :   Hujan Deras, Halte Sultan Kota Bekasi yang Baru Dibangun Bocor

Berikut ranking dan skor 10 kota toleran yang dipaparkan SETARA Institute, Selasa (30/1/2024):

  1. Kota Singkawang Skore 6,500
  2. Kota Bekasi Skore 6,460
  3. Kota Salatiga Skore 6,450
  4. Kota Manado Skore 6,400
  5. Kota Semarang Skore 6,230
  6. Kota Magelang skore 6,22
  7. Kota Kediri Skore 6,073
  8. Kota Sukabumi skore 5,997
  9. Kota Kupang skore 5,953
    10.Kota surakarta skore 5,800

Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Nesan Sujana, Asisten Pemerintahan Lintong Diantro Putra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Robert, di Ballrom Singosari Hotel Grand Sahid, Jakarta Selasa (30/1/2024).

Share and Enjoy !

Shares
Shares