Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
JAWA

HSPN 2024, Zahra Khairani: Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia

×

HSPN 2024, Zahra Khairani: Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia

Sebarkan artikel ini
Puteri Anak Indonesia Lingkungan 2023, Zahira Khairani. (Foto : Ist)

BANDUNG – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 menjadi momentum bagi Puteri Anak Indonesia Lingkungan 2023, Zahira Khairani, untuk mengadvokasi dan memberikan edukasi kepada para wisatawan tentang pentingnya menjaga kebersihan objek wisata agar tetap bebas dari sampah.

Zahira Khairani berkesempatan mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat dengan tujuan mengajak beberapa wisatawan untuk bersama-sama membersihkan area tersebut dari sampah plastik.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

Menurutnya, mengajak wisatawan untuk menjaga kebersihan merupakan langkah kecil namun memiliki dampak besar dalam menjaga lingkungan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran bahwa penanganan sampah adalah tanggung jawab bersama untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Zahira Khairani juga mengajak orang-orang untuk memikirkan cara-cara mengurangi volume sampah yang dihasilkan saat berwisata, seperti membawa tas belanja sendiri, sedotan logam, sendok dan garpu pribadi, serta botol minum yang bisa diisi ulang. Hal ini merupakan langkah konkret dalam mengurangi sampah plastik yang sering menjadi masalah di objek wisata.

“Sebelum berwisata, orang-orang dapat memikirkan cara untuk mengurangi volume sampah yang akan dihasilkan, misalnya dengan membawa sendiri tas belanja, sedotan logam, sendok dan garpu sendiri hingga botol minum yang isinya bisa diisi ulang,” ujar Zahira Khairani, Kamis (22/2/2024).

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tidak hanya tentang meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga tentang menginspirasi tindakan nyata untuk mengatasi masalah sampah yang semakin meresahkan.

Data statistik menempatkan Indonesia sebagai salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia, sehingga Zahira Khairani mengajak teman-teman untuk memulai dari diri sendiri dalam menjaga lingkungan dan keindahan pariwisata Indonesia agar terbebas dari sampah.

“Oleh karena itu saya mengajak teman teman untuk memulai dari diri sendiri agar turut serta menjaga lingkungan dan keindahan pariwisata indonseia agar bebas dari sampah,” paparnya.

Dengan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang baik untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi semua.***

(Red)