KEPULAUAN RIAURELIGI

MTQ Karimun 2024, Gubernur Kepri Sampaikan Pesan kepada Masyarakat dan Dewan Hakim

×

MTQ Karimun 2024, Gubernur Kepri Sampaikan Pesan kepada Masyarakat dan Dewan Hakim

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim dan para undangan di depan Astaka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun. (Foto : Ist)

KARIMUN — Gubernur Kepulauan Riau (Gubernur Kepri), Ansar Ahmad, secara resmi membuka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, dalam sebuah acara yang meriah dan dihadiri ribuan masyarakat, di Coastal Area, Arena Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, pada Selasa (16/4/2024) malam.

Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar Ahmad, didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun, serta tamu undangan lainnya, setelah sebelumnya dibuka dengan khotmil Quran.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Tema yang diangkat untuk MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 adalah “Dengan MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, Kita wujudkan SDM yang Qur’ani dalam kehidupan masyarakat Karimun yang BERSIH (Beriman Sehat Indah, Harmoni, dan Madani)”.

BACA JUGA :   Temui Menaker RI, Gubernur Kepri Bahas Kelengkapan Peralatan BLK Karimun

Acara MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 16 April hingga 21 April 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 272 orang dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Beberapa cabang perlombaan termasuk tartil Quran, Tilawah Quran, Fahmil Quran, Shahril Quran, dan Tahfidz Quran.

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan salam Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun.

“Semoga ibadah yang kita lakukan selama Bulan Ramadhan dapat kita pertahankan dan implementasikan nilainya dalam kehidupan sehari-hari, serta kita dipertemukan kembali pada Ramadhan mendatang,” ucapnya.

BACA JUGA :   Gubernur Kepulauan Riau Terima Anugerah Baznas Awards 2024

Gubernur Ansar mengajak semua untuk memaknai pelaksanaan MTQ ini sebagai momentum penting dalam menjabarkan nilai-nilai Al-Qur’an, yang menjadi pedoman hidup umat Islam baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

“Jadikan kegiatan MTQ ini sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan isi dari Al-Qur’an,” ajak Gubernur.

Selain itu, Gubernur Ansar Ahmad juga memberikan pesan kepada Dewan Hakim agar menjalankan amanah dengan profesionalitas dan objektivitas dalam memberikan penilaian pada MTQ kali ini, untuk melahirkan Qori dan Qoriah yang berkualitas.

“Saya percaya kepada para anggota Dewan Hakim bahwa mereka mampu melaksanakan tugas dengan baik dan berperan dalam meningkatkan kualitas MTQ sebagai wadah evaluasi pendidikan Al-Qur’an,” ujarnya.

BACA JUGA :   Sambil Coffee Morning, Gubernur Kepri Tinjau Kamar Tambahan di Rumah Singgah Mahligai Keris Batam

Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Ansar Ahmad juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Bupati Karimun beserta jajarannya, serta seluruh panitia atas pelaksanaan MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun.

“Semoga dengan pelaksanaan MTQ ini, kita akan melahirkan generasi Qur’ani dan semakin menambah syiar Islam sebagai wujud penghambaan kita kepada Allah SWT,” tutupnya.

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, Dr. Syarifah, beberapa Kepala OPD Provinsi Kepri, Forkompinda Kabupaten Karimun, pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun, serta Kepala OPD Kabupaten Karimun. ***

(Rhiz)