Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HEADLINEKEPULAUAN RIAU

Wapres RI Ma’ruf Amin Buka Seminar Produk Halal Go Global di Tanjung Pinang

×

Wapres RI Ma’ruf Amin Buka Seminar Produk Halal Go Global di Tanjung Pinang

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin, memukul beduk sebagai tanda dibukanya Seminar Produk Halal Go Global di Gedung Daerah Tanjung Pinang. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin, secara resmi membuka Seminar Produk Halal Go Global dengan tema “Navigating Global Halal Value Chain: Trends and Challenges” di Gedung Daerah, Kota Tanjung Pinang, pada Jumat (15/3/2024).

Pembukaan Seminar Produk Halal Go Global ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wapres RI sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau, Suryono.

Geser Untuk Baca Berita
Geser Untuk Baca Berita

Dalam arahannya, Wapres RI Ma’ruf Amin menyatakan bahwa ekosistem rantai nilai halal yang kuat akan meningkatkan ekspor produk halal dan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam Rantai Nilai Halal Global.

“Oleh karena itu, saya bangga Provinsi Kepulauan Riau mampu menjadi salah satu pionir pengembangan ekosistem rantai nilai halal. Dengan fokus pada industrialisasi produk halal berorientasi ekspor dan pariwisata ramah muslim, saya yakin ekonomi halal sebagai game changer dan akselerator transformasi ekonomi di Kepulauan Riau,” ucapnya.

Wapres juga memberikan beberapa arahan terkait pengembangan ekosistem rantai nilai halal, termasuk penguatan infrastruktur ekosistem, inovasi dan kolaborasi riset, serta pemanfaatan teknologi dalam ekosistem halal yang inklusif, beretika, dan berkelanjutan.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menjelaskan bahwa Pemprov dan KDEKS Kepri telah melaksanakan arahan dari Wapres dengan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, seperti penguatan ekosistem keuangan syariah melalui program Halal Center.

“Kepulauan Riau telah menjadi produsen produk halal dalam memenuhi pasar produk halal global maupun domestik, dengan kontribusi ekspor sebesar kurang lebih Rp 120 Miliar melalui Bintan Industrial Estate sebagai Kawasan Bintan Inti Halal Hub,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau, Suryono, melaporkan bahwa ekonomi keuangan syariah di tingkat global dan nasional mengalami pertumbuhan positif, didorong oleh sektor makanan dan minuman halal serta pariwisata ramah muslim.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri, Forkopimda Kepri, Consul Konsulat Jenderal RI di Johor, Pengurus KNEKS, Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Riau, Pengurus KDEKS, dan para pimpinan instansi vertikal. ***

(ron)